Santri Metropolis

Belajar Menjadi Bijak

Kata Cinta

with 7 comments

Beberapa hari belakangan, sering sekali saya menjumpai kata cinta; kulihat dengan mata, terdengar di telinga, dan kadang-kadang menghunjam di hati sanubari. Di kampus, di kosan, di Koran, di radio, di televisi, apa lagi di internet. Kata cinta ada di mana-mana. Banyak banget. Dan mungkin, kata cinta dan padanannya adalah kata yang paling banyak ditulis oleh manusia. Seandainya saja kita bisa menciptakan alat penghitung kata cinta……

Mungkin memang karena lagi musimnya kali. Musim cinta. Maklum, kata orang, ini kan bulan cinta. Atau, aku memang sedang jatuh cinta? Nggak juga. Ada apa ya dengan ‘cinta’?

Sebenarnya, seberapa sering sih saya menjumpai kata cinta? Baiklah kiranya Anda mencermati berikut ini dan cobalah untuk menghitung berapa kata cinta yang Anda temui.

Februari, kami memasuki masa liburan semester gasal. Yah, februari. Banyak orang bilang februari identik dengan bulan cinta. Maklum, pada bulan ini ada momen valentine day. Hari cinta katanya. Temenku, yang cukup sinis dengan valentine day bilang, itu cuma akal-akalan pasar aja. Momen bagi bisnis cinta dan pernak-pernik valentine panen keuntungan. Lebih parah lagi, valentine day merupakan momen maksiat, terutama bagi pasangan yang belum menikah. Sementara, aku malah lupa valentine day tanggal berapa…

Pada februari juga, konon pemutaran perdana film Ayat-ayat Cinta akan dilakukan. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Habiburrahman Elshirazy (kang abik). Selain Ayat-ayat Cinta, dia juga penulis beberapa novel laris lainnya seperti Ketika Cinta Bertasbih, Ketika Cinta Berbuah Surga, Di Atas Mihrab Cinta, Di Atas Sajadah Cinta dan masih banyak lagi novel bertema cinta. Dan memang, dengan tema cinta-lah biasanya orang berkarya; menulis novel, syair, puisi, atau membikin lagu dan film. Bisa dibayangin berapa kata cinta bisa kita temui dalam kehidupan? Sampai di sini, sudah berapa Anda menemukan kata cinta?

Karena nggak punya budget buat nonton, saya berinisiatif membaca novel saja. Kebetulan, aku belum baca Ketika Cinta Bertasbih 2. Itupun, pinjam ke temen. Bergiliran memutar dari satu tangan ke tangan yang lain. Mulai dari Sukendar, aku kemudian Widoyo. Dan bisa Anda bayangin, berapa kata cinta kita temui di novel tersebut. Belum lagi, setelah membacanya, kami sering mendiskusikan masalah cinta. Berapa kata cinta kami sebut-sebut?

Sambil membaca, kadang-kadang kami sambil mendengarkan Radio Gen FM. Entah berapa kata cinta kudengar dalam lagu-lagu yang diputar. Kemudian, malam harinya, saya sering ke warnet. Entah berapa website, situs maupun blog yang membahas tentang cinta. Tak terhitung jumlahnya.

Berhenti di sini. Adakah Anda menjumpai kata cinta lagi? Bisa disebutkan berapa banyak?

Jadi, sepakatkah Anda dengan pernyataan saya bahwa ‘cinta’, adalah kata yang paling banyak ditemui dalam kehidupan manusia? Dan terakhir, bisakah Anda sebutkan berapa kata cinta dalam tulisan ini?

 

Written by ukasbaik

February 17, 2008 at 2:52 pm

Posted in Diariku

Tagged with , , , ,

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bang Untung, koq jarang di update yaks (padahal saya juga)? Kayaknya pejuang satu ini lagi sibuk dengtan amanah ya…Smangadh deh…

    duniabaruku

    June 8, 2008 at 4:20 pm

  2. hakikat cinta itu hanya milik Alloh semata,jadi…cintailah Alloh dan rosul.,insyaALLOH berbuah surga nanti.maaf nih sy jauh2 dari Mekkah kirim komentar.syukron.wass.e-mail:afwansazaky@hotmail.com.(santri Alharom)

    afwan sazaky

    June 17, 2008 at 7:37 pm

  3. cintailah seseorang apa adanya dan bencilah seseorang apa adanya pula,

    one

    August 5, 2008 at 1:53 am

  4. cinta itu indah…
    hargai lah ia…
    jangan dikhianati…
    simpan.. jagalah.. peliharalah sebaiknya…

    khairina

    December 16, 2008 at 7:59 am

  5. cinta adlh cinta
    aq adlh wnta yg btuh bcinta
    buat 3 novemberku
    aq syg kamu

    desy

    March 16, 2009 at 11:27 pm

  6. hidup untuk cinta

    desy

    March 16, 2009 at 11:28 pm

  7. Tulisannya bagus sekali teman.
    Sampe2 saya beneran nih ngitung kata “cinta” di tulisan di atas.
    Sebab memang saya penasaran. Mungkin aja ada maksud tersendiri terhadap angka tsb.
    32 kata bukan?
    Kunjungi blog baruku teman.

    =aRSYIL=

    August 24, 2009 at 3:03 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: