Santri Metropolis

Belajar Menjadi Bijak

Selamat Tinggal Ekonomi Syariah..

leave a comment »

Terbayang nggak, ada orang Islam tapi nggak mau pake ekonomi Syariah. Ternyata banyak lho… Dari yang pesimis dengan mengatakan bahwa ekonomi syariah hanya sebagai jiplakan ekonomi konvensional kapitalis, bedanya cuma minus bunga, plus zakat dan sistem bagi hasil sampai golongan yang lain. Lho, emang ada golongan yang lain? Dan ternyata golongan ini banyak pengikutnya lho.. (termasuk saya).

Lalu siapa mereka? Mereka adalah orang yang tidak menyukai ekonomi syariah bukan dalam tataran substansinya, akan tetapi penamaannya. Golongan ini enggan memakai istilah Ekonomi Syariah, karena pemakaian Ekonomi Syariah (yang hanya terjadi di negara Indonesia) akan mereduksi makna yang lebih luas. Padahal kalau kita menengok di negara lain, baik Timur maupun Barat, mereka menggunakan istilah Ekonomi Islam, bukan Ekonomi Syariah.

Penggunaan istilah ekonomi syariah sendiri, memang melalui perjuangan yang tidak mudah. Dulu, istilah ekonomi Islam terpaksa diganti menjadi ekonomi syariah karena para penguasa (yang berotak kapitalis konvensional materialistik) begitu phobia terhadap islam. Mereka (para islamophobia terlaknat itu), mengusulkan untuk menggunakan ekonomi syariah untuk mereduksi bahkan mengeliminasi peran Islam dalam kehidupan sehingga berkuranglah powernya.

Untuk itu, mulai detik ini, sebisa mungkin saya akan menghindari istilah ekonomi syariah dan akan menggantinya dengan ekonomi islam. Saya beranggapan dengan konsisten memakai ekonomi islam, adalah bukti bahwa kita bangga menjadi umat Islam. Untuk itu (untuk itu lagi), saya mengucapkan selamat tinggal ekonomi syariah.

Written by ukasbaik

March 9, 2008 at 5:10 am

Posted in Artikel

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: